Lokakarya & RAT XXIII Puskopdit Bali Artha Guna

SPEAK YOUR MIND

RAT Pus XXIII

 Jumat (29/3) pukul 17.00 Wita, Puskopdit Bali Artha Guna menyelenggarakan kegiatan Lokakarya yang bertempat di Ruang Diklat Lt. III Kantor Puskopdit Bali Artha Guna. Lokakarya dihadiri oleh 53 orang peserta yang terdiri atas 16 primer anggota beserta segenap Kepengurusan Puskopdit Bali Artha Guna. Diawali dengan doa bersama, kemudian acara dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Pengurus Puskopdit BAG, I Nyoman Marsina.

Lokakarya yang bertemakan “Spiritual Leadership” menghadirkan seorang narasumber yaitu Romo Yb. Nyoman Suryana, Pr atau yang lebih akrab disapa Romo Komang. Beliau menyampaikan “Seorang pelayan yang baik tidak memusatkan perhatian hanya kepada umat yang pandai atau berkecukupan, tetapi justru kepada umat yang kurang pandai, yang bermasalah, karena kurang mendapat perhatian dan kasih dari keluarganya, atau mereka yang jauh dari imannya”.

Pengelola koperasi tentunya juga menjadi “pelayan” bagi masyarakat khususnya para anggota koperasi. Sehingga beliau berpesan agar para Pengurus, Pengawas & Manajer selalu memegang teguh keyakinan ini demi kesejahteraan anggota dan kemajuan koperasi yang dikelolanya. “Tanpa doa, iman dan kasih, pelayanan tidak mempunyai jiwa. Sama seperti tubuh akan mati jika tidak mempunyai jiwa, maka pelayanan pun akan berhenti jika tidak dijiwai doa, iman dan kasih”, tegasnya.

Keesokan harinya, Sabtu (30/3) pukul 10.00 Wita dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) XXIII Tahun Buku 2018 yang dihadiri oleh 69 orang peserta. Diawali dengan doa, selanjutnya bersama-sama menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Koperasi Kredit. Acara berikutnya adalah sambutan dari Pengawas Inkopdit, Karolus Tue Ledjab, S.Pd dilanjutkan sambutan dari perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali, Ni Luh Putu Seni Artini.

Acara RAT XXIII Puskopdit BAG Tahun Buku 2018 pun dilaksanakan. Silvester Noveantara dan V. Sulistin Handayani kemudian mengambil alih jalannya rapat dan menyatakan rapat telah quorum. Adapun juga hadir Pengurus masa bakti 2018-2020 dalam RAT adalah Paskalis Budy Hartono, I Nyoman Marsina, Sri Untari, Norbertus N. Edy Widiharyanto dan FX. Joniono Raharjo beserta Pengawas yaitu FX. I Made Hirawan, Putu Artawan dan Ketut Winanta.

Beberapa hal yang menjadi agenda RAT yaitu penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pengurus  Puskopdit Bali Artha Guna Tahun Buku 2018; Laporan Pengawas Puskopdit Bali Artha Guna Tahun Buku 2018; Pemilihan Pimpinan RAT Tahun Buku 2019; dan Pengumuman Pemenang Lomba Koperasi Berprestasi Tahun Buku 2018.

Adapun keputusan RAT XXIII adalah sebagai berikut:

  1. Menerima dan mengesahkan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Laporan Pengawas Puskopdit Bali Artha Guna Tahun Buku 2018;
  2. Menetapkan pemenang lomba koperasi berprestasi Tahun Buku 2018 :

            –       Koperasi Kredit Sumber Kasih Tangeb sebagai juara umum I;

            –       Koperasi Simpan Pinjam Wisuda Guna Raharja sebagai juara umum II;

            –       Koperasi Simpan Pinjam Mulia Sejahtera sebagai juara umum III.

  1. Menetapkan Pimpinan RAT  Tahun Buku 2019 sebagai berikut :

            –       Koperasi Simpan Pinjam Padang Indah Sejahtera;

            –       Koperasi Simpan Pinjam Lumbung Sari Sedana;

  1. Memerintahkan saudara I Wayan Ceblos, selaku Manajer Puskopdit Bali Artha Guna, untuk melaporkan keputusan rapat ini kepada pejabat yang berwenang paling lambat 1 (satu) bulan sejak keputusan ini ditetapkan sebagaimana dimaksud dalam pasal 85  Peraturan Menteri  Koperasi  dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia  nomor 9 tahun 2018.

Oleh karena tidak ada lagi yang dibicarakan atau minta berbicara, selanjutnya Ketua Rapat menutup RAT XXIII Puskopdit Bali Artha Guna pada pukul 13.04 Wita dan dilanjutkan dengan doa penutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.