Lokakarya, RAT XXII & RAK Pemilihan Kepengurusan Puskopdit BAG

SPEAK YOUR MIND

RAT 2018

Sabtu (7/4) pagi Puskopdit Bali Artha Guna menyelenggarakan kegiatan Lokakarya yang bertempat di Ruang Diklat Lt. III Kantor Puskopdit Bali Artha Guna. Lokakarya dihadiri oleh 53 orang peserta yang terdiri atas 18 primer anggota beserta Kepengurusan Puskopdit BAG.

Diawali dengan doa bersama, kemudian acara dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Pengurus Puskopdit BAG, Paskalis Budy Hartono. Lokakarya yang bertemakan “Peningkatan Nilai – Nilai Kesadaran Diri Guna Mewujudkan Kepatuhan Hukum” ini diisi dengan penyampaian materi Seminar Hukum Perkoperasian dan Penyusunan Peraturan Khusus oleh FX. Joniono Raharjo.

Dalam pembahasannya, ditekankan mengenai prinsip pengelolaan lembaga keuangan yang meliputi Fiduciary Relation Principle, Prudential Principle, Secrecy Principle dan KYC /PMPJ serta langkah penanganan pinjaman bermasalah dalam kerangka hukum. Pada sesi terakhir juga ada pemaparan mengenai Cunion Bali yang disampaikan oleh Fransiskus M. Patarruk.

Keesokan harinya, Minggu (8/4) pukul 10.00 Wita dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) XXII Tahun Buku 2017 yang dihadiri oleh 69 orang peserta. Diawali dengan doa, selanjutnya bersama-sama menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Koperasi Kredit. Acara berikutnya adalah sambutan dari Bendahara Pengurus Inkopdit, Eduardus N. Sugi Wetu, SE dilanjutkan sambutan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra, SE. MM.

Acara RAT XXII Puskopdit BAG Tahun Buku 2017 pun dilaksanakan. I Nyoman Marsina dan Leonardus I Wayan Sujadi kemudian mengambil alih jalannya rapat dan menyatakan rapat telah quorum. Adapun juga hadir Pengurus masa bakti 2015-2017 dalam RAT adalah Antonius Wayan Puger, Paskalis Budy Hartono, Sri Untari, Yosep I Wayan Subadi dan FX. Joniono Raharjo beserta Pengawas yaitu FX. Soenaryo, Norbertus N. Edy Widiharyanto dan Anton Parmo Saputro.

Beberapa hal yang menjadi agenda RAT yaitu penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pengurus  Pusat Koperasi Kredit Bali Artha Guna Tahun Buku 2017; Laporan Pengawas Pusat Koperasi Kredit Bali Artha Guna Tahun Buku 2017; Pemilihan Pimpinan RAT Tahun Buku 2018; dan Pengumuman Pemenang Lomba Koperasi Berprestasi Tahun Buku 2017.

Adapun keputusan RAT XXII adalah sebagai berikut:

1. Menerima dan mengesahkan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Laporan Pengawas Puskopdit Bali Artha Guna Tahun Buku 2017;

2. Menetapkan pemenang lomba koperasi berprestasi Tahun Buku 2017 :

–   Koperasi Kredit Sumber Kasih Tangeb sebagai juara umum I;

–   Koperasi Simpan Pinjam Mulia Sejahtera sebagai juara umum II;

–   Koperasi  Kredit Swastiastu Singaraja sebagai juara umum III.

3. Menetapkan Pimpinan RAT  Tahun Buku 2018 sebagai berikut :

–   KSP Wisuda Guna Raharja;

–   Kopdit Artha Bhakti Asih;

4. Memerintahkan saudara I Wayan Ceblos, selaku Manajer Puskopdit Bali Artha Guna, untuk melaporkan keputusan Rapat ini kepada pejabat yang berwenang paling lambat 1 (satu) bulan sejak keputusan ini ditetapkan sebagaimana dimaksud dalam pasal 19  Peraturan Menteri  Koperasi  dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia  nomor 19/PER/M.KUKM/IX/2015

Acara selanjutnya adalah Rapat Anggota Khusus (RAK) Pemilihan Pengurus dan Pengawas Periode 2018-2020. RAK ini dipandu oleh Panitia Nominasi, diantaranya Agustinus G. Thuru, Paulus I Wayan Bethalion, A. A. Sagung Bintang Sri Utami Dewi, I Wayan Ceblos dan Antonius Wayan Puger. Sesuai dengan SK Panitia Nominasi, terdapat 8 Calon Pengurus dan 7 Calon Pengawas yang akan dipilih dalam rapat.

Perwakilan primer anggota selanjutnya memberikan hak suara, diawali dengan pemilihan Pengurus lanjut pemilihan Pengawas. Pada akhirnya terpilih Kepengurusan Puskopdit Bali Artha Guna Periode 2018-2020 yang kemudian dilantik oleh Bendahara Pengurus Inkopdit, Eduardus N. Sugi Wetu, SE.

20180408_152549(0)

Pengurus Puskopdit BAG Periode 2018-2020

Ketua            : Paskalis Budy Hartono

Wakil Ketua  : I Nyoman Marsina

Sekretaris I   : Sri Untari

Sekretaris II  : FX. Joniono Raharjo

Bendahara    : Norbertus N. Edy Widiharyanto

Pengawas Puskopdit BAG Periode 2018-2020

Ketua            : FX. Made Hirawan

Anggota I      : Putu Artawan

Anggota II     : I Ketut Winanta

Leave a Reply

Your email address will not be published.