Diklat Pengarsipan

SPEAK YOUR MIND

foto-dp

Pengarsipan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh suatu lembaga sehubungan dengan pentingnya kegiatan administrasi. Selama ini, banyak terjadi permasalahan hanya karena diakibatkan oleh salahnya mengurus sistem penyimpanan arsip pada lembaga tersebut.

Menyikapi hal tersebut, maka pada hari Jumat (18/11) Puskopdit Bali Artha Guna mengadakan Diklat Pengarsipan yang bertempat di Badan Perpustakaan dan Arsip (Bapusip) Provinsi Bali, Jl. D.I. Panjaitan No.4 Niti Mandala Renon, Denpasar. Adapun diklat ini dihadiri oleh 35 peserta yang merupakan Sekretaris Pengurus dan Manajer/ staf yang menangani pengarsipan dari primer anggota Puskopdit BAG.

Pelatihan ini dimulai dari pukul 10.00 Wita, diawali dengan doa bersama dan selanjutnya acara dibuka secara resmi dengan sambutan dari Wakil Ketua Pengurus Puskopdit Bali Artha Guna, Paskalis Budy Hartono. Acara berikutnya diisi oleh Kabid Pengelolaan dan Layanan Kearsipan Provinsi Bali, Ibu Cok Istri Mas. Pada awal penyampaiannya, ia mengucapkan selamat datang kepada para peserta atas kunjungannya ke Bapusip Bali dan kemudian menjelaskan bagaimana konsep pengarsipan yang sesungguhnya.

Hal ini dilakukan karena ia ingin agar seluruh peserta memahami konsep pengarsipan dengan baik dan benar, sehingga di kemudian hari tidak ada kesalahan persepsi. Pemberi materi selanjutnya adalah Ida Bagus Oka Suarta, seorang Arsiparis Madya. Ia memaparkan mengenai dasar hukum melakukan pengelolaan arsip, jenis-jenis arsip seperti arsip dinamis, arsip aktif dan arsip inaktif, sarana pengelolaan arsip aktif serta sistem kearsipan.

Dalam diklat ini, peserta juga dipandu untuk melakukan praktek tata cara pengarsipan oleh para arsiparis trampil. Masing-masing peserta diberikan box arsip dan kertas kraf, yang selanjutnya mengikuti langkah-langkah pengarsipan dari para arsiparis tersebut. Seusai praktek, peserta juga diajak berkunjung di sekitar Bapusip Bali dan melihat bagaimana tatanan pengarsipan yang ada di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.