Forum Ketua Pengurus dan Manajer

SPEAK YOUR MIND

dscn2331-1024x768

Minggu (06/11) Puskopdit Bali Artha Guna menyelenggarakan Forum Ketua Pengurus dan Manajer yang bertempat di Ruang Pertemuan Lt. III. Forum ini dihadiri oleh 43 orang yang terdiri atas segenap pengurus dan manajer dari Puskopdit BAG serta 19 koperasi primer anggota. Forum dimulai pada pukul 10.15 Wita, diawali dengan doa oleh Kadek Bernadus Sokananta selanjutnya dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Pengurus Puskopdit BAG, Paskalis Budy Hartono.

Pokok bahasan dalam forum kali ini adalah mengenai “Penyelamatan dan Penyelesaian Kredit Bermasalah” yang disampaikan oleh FX. Joniono Raharjo. Ia menjelaskan ada 4 prinsip yang harus diperhatikan dalam menangani kredit bermasalah pada KSP/Kopdit yaitu keterbukaan, tanggung jawab bersama dan solidaritas anggota, pembinaan yang berkelanjutan kepada anggota, serta efisiensi dengan memperhatikan prinsip bahwa manfaat yang diperoleh harus lebih besar dari biaya yang dikeluarkan.

Dalam pemaparannya, dijelaskan juga secara detail bagaimana langkah penanganan pinjaman bermasalah terhadap nasabah yang masih mempunyai prospek dan itikad baik, terhadap nasabah yang kurang punya prospek dan tidak punya itikad baik, terhadap nasabah yang tidak punya prospek tetapi punya itikad baik, serta terhadap nasabah yang tidak punya prospek dan tidak punya itikad baik.

Adapun juga dibahas mengenai penyelesaian kredit bermasalah melalui pengadilan diantaranya dengan Somasi, Gugatan Perdata, Eksekusi Grosse Akta, Eksekusi HT, Pailit dan Gizeling (untuk uang di atas 1 milyar). Seusai pemaparan dari narasumber, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para peserta terlihat sangat antusias dengan pokok bahasan kali ini. Akhirnya pada pukul 12.15 Wita, acara forum selesai dan ditutup dengan doa oleh Adventinus Budi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.