Diklat Manajemen Keuangan Koperasi

SPEAK YOUR MIND

DSCN1773

Manajemen merupakan salah satu bagian penting dari koperasi. Berhasil tidaknya suatu koperasi sangat tergantung pada mutu dan kerja dalam bidang manajemennya. Manajemen keuangan koperasi sebagai salah satu aspek yang harus dipahami oleh para manajemen koperasi sangat terkait dengan hal tersebut, yang mana sejalan dengan tujuan normatif koperasi yaitu meningkatkan kesejahteraan para anggota.

Menyikapi hal tersebut, maka Puskopdit Bali Artha Guna mengadakan “Diklat Manajemen Keuangan Koperasi” selama dua hari yaitu pada tanggal 18-19 Juni 2016 dan bertempat di Ruang Diklat Lantai III Puskopdit Bali Artha Guna. Adapun diklat ini dihadiri oleh 55 peserta yang merupakan para pengurus, pengawas dan manajemen dari koperasi primer anggota Puskopdit BAG.

Pada hari Sabtu (18/6), pelatihan ini dimulai dari pukul 08.15 Wita, diawali dengan doa bersama dan selanjutnya acara dibuka secara resmi dengan sambutan dari Sekretaris Pengurus Puskopdit Bali Artha Guna, Jerry Manurip. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama oleh I Wayan Ceblos, SE (Manajer Puskopdit BAG) mengenai Pengenalan Manajemen Keuangan, Laporan Keuangan, Perpajakan dan Arus Kas. Para peserta juga diberikan pretest selama 25 menit sebelum materi tersebut disampaikan.

Materi kedua dibawakan oleh Ir. Antonius Wayan Puger, MS (Ketua Pengurus Puskopdit BAG) mengenai Evaluasi Kinerja Keuangan Koperasi yang mencakup Analisis Ratio dan Analisis Pearls. Seusai makan siang, materi ketiga dilanjutkan kembali oleh Wayan Puger mengenai Peramalan, Perencanaan dan Penganggaran Keuangan. Selanjutnya, materi keempat atau yang terakhir pada hari tersebut disampaikan oleh I Putu Agus Widhiantara, S.Si (Bagian Diklat Puskopdit BAG) mengenai Nilai Waktu Uang/ Time Value of Money. Ia menjelaskan secara rinci mengenai bunga majemuk, present value, future value dan anuitas beserta perhitungannya masing-masing.

Hari Minggu (19/6), pelatihan dimulai pukul 10.00 Wita. Tampil sebagai pemateri kali ini adalah Ni Komang Trisnawati, SE, MM (Manajer KSP Bhuana Kasih Babakan) yang membawakan materi mengenai Risiko & Tingkat Pengembalian Hasil dan Penghitungan Jasa/Deviden. Selanjutnya materi terakhir disampaikan oleh Paskalis Budy Hartono, SE (Wakil Ketua Pengurus Puskopdit BAG) mengenai Penganggaran Modal dan Analisis Risiko. Ia memaparkan detail risiko dan keputusan dalam investasi beserta metode-metode yang digunakan untuk memasukkan risiko ke dalam penganggaran modal. Dan tepat pukul 15.30 Wita, ia juga langsung menutup acara Diklat Manajemen Keuangan Koperasi secara resmi.

MKK Narasumber1

Leave a Reply

Your email address will not be published.