Forum Manajer 28 Mei’21

SPEAK YOUR MIND

Jumat (28/5) Puskopdit Bali Artha Guna menyelenggarakan Forum Manajer yang bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Pusat KSP Kopdit Kubu Bingin Bali, Gianyar. Forum ini dihadiri oleh 16 orang yang terdiri atas Manajer se-Puskopdit Bali Artha Guna dari 13 koperasi primer anggota. Forum dimulai pada pukul 10.20 Wita yang diawali dengan doa bersama selanjutnya dibuka secara resmi oleh Ketua Forum Manajer, I Gusti Ngurah Rai Gregorius.

Agenda forum yang pertama diisi dengan penyampaian mengenai teknis Recognition Current Competency (RCC) dan Uji Kompetensi Manajer/Kepala Cabang oleh Ketua LSP KJK Nasional, I Nyoman Tedja Nandi Yasa yang didampingi oleh I Wayan Artana. Pak Tedja menjelaskan bahwa pentingnya memiliki sertifikat sertifikasi ini, yang salah satunya untuk membuktikan bahwa pengelola koperasi benar kompeten. Selanjutnya peserta forum dipandu tata cara mendaftar dan mengikuti sertifikasi dengan membuka website https://lspkjknasional.com/ sesuai dengan tujuan sertifikasinya.

Adapun berkas-berkas yang perlu dipersiapkan oleh peserta meliputi foto/scan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah Terakhir, Curriculum Vitae (CV), Portofolio, Sertifikat, Prestasi dan bukti kompetensi yang relevan lainnya. Untuk sertifikasi Manajer/ Kepala Cabang, terdapat 11 Unit Kompetensi yang diujikan kepada peserta, meliputi :

KJK.SP01.002.01 : Melakukan Prinsip-Prinsip Pengelolaan Organisasi dan Manajemen Koperasi Jasa Keuangan

KJK.SP01.006.01 : Menyusun Perencanaan Strategis

KJK.SP01.007.01 : Memberikan Motivasi

KJK.SP02.013.01 : Melaksanakan Pengendalian Intern

KJK.SP02.014.01 : Melakukan Kontrak Pinjaman / Pembiayaan dan Pengikatan Agunan

KJK.SP02.026.01 : Menilai Tingkat Kesehatan

KJK.SP02.027.01 : Menganalisis Program Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya

KJK.SP02.028.01 : Mengamankan Asset dan Infrastruktur

KJK.SP02.029.01 : Melakukan Kemitraan

KJK.SP03.006.01 : Melakukan Negosiasi

KJK.SP03.007.01 : Menyajikan Presentasi

Agenda kedua diisi dengan sharing antar Manajer se-Puskopdit Bali Artha Guna yang dipandu oleh I Gusti Ngurah Rai Gregorius dan I Wayan Ceblos. Para peserta berbagi pengalaman dan langkah konkret yang akan ditempuh oleh primernya untuk tetap eksis di masa pandemi ini. Meskipun ekonomi lesu, namun tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi anggota. Dengan berakhirnya sharing tersebut, pukul 13.20 Wita acara forum pun ditutup dengan doa bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.