Sertifikasi Komputer

SPEAK YOUR MIND

20181006_084200(0)-01

Sistem operasional dan pelayanan koperasi kepada anggota saat ini, tidak dapat terlepas dari penggunaan teknologi komputer. Teknologi ini sudah memberikan banyak kemudahan sehingga koperasi semakin efisiensi dan efektif dalam menjalankan usahanya. Di balik kecanggihan teknologi komputer, yang perlu diperhatikan pula adalah SDM koperasi, khususnya para Manajemen. Manajemen koperasi sebaiknya memiliki pengetahuan dasar tentang perencanaan dan implementasi teknologi komputer agar koperasi dapat semakin maju mengikuti perkembangan jaman.

Salah satu aplikasi perangkat lunak (software) komputer yang paling sering digunakan adalah Microsoft Office, khususnya Microsoft Office Word, Excel dan PowerPoint. Sehingga, perlu adanya sertifikasi komputer di bidang ini untuk menentukan kredibilitas dan menjadi standar terukur dari kompetensi yang dimiliki. Menjawab kebutuhan tersebut, Puskopdit Bali Artha Guna menyelenggarakan “Sertifikasi Komputer” pada hari Sabtu (6/10) di Ruang Diklat Lt. III Kantor Puskopdit Bali Artha Guna. Acara ini diikuti oleh 10 peserta dari 6 koperasi primer anggota dengan menghadirkan asesor LSP Komputer, Komang Purnama.

Diawali dengan doa bersama, acara dibuka secara resmi pukul 08.30 Wita dengan sambutan dari Pengurus Puskopdit Bali Artha Guna, FX. Joniono Raharjo. Selanjutnya Komang Purnama menjelaskan teknis pelaksanaan sertifikasi yang meliputi sesi praktek dan wawancara. Sesi pertama adalah keterampilan menggunakan Ms. Office Word, para peserta diminta menyalin sebuah bacaan dengan format yang sama kemudian mengaplikasikan fitur-fitur sesuai petunjuk. Sesi kedua adalah keterampilan menggunakan Ms. Office Excel, para peserta diminta membuat sebuah nota yang selanjutnya ditambahkan dengan formula jumlah, rata – rata serta potongan harga.

Sesi ketiga adalah keterampilan menggunakan Ms. Office PowerPoint, para peserta diminta membuat 5 slide presentasi yang di dalamnya mencakup tentang profil Kopdit masing – masing serta ada juga yang memuat tujuan wisata di tempat tinggalnya. Usai pelaksanaan ketiga sesi tersebut, diakhiri dengan sesi wawancara masing – masing peserta. Hasil penilaian pelaksanaan sertifikasi ini akan diinfokan kemudian oleh asesor yang ditandai dengan pemberian sertifikat dari LSP Komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.