Forum Pengawas 16 Sept

SPEAK YOUR MIND

fp 16

Minggu (16/9) Puskopdit Bali Artha Guna menyelenggarakan Forum Pengawas yang bertempat di Ruang Pertemuan Lt. III Kantor Puskopdit BAG. Forum ini dihadiri oleh Pengawas Puskopdit BAG serta 32 orang Pengawas dari 15 primer anggota. Forum ini dimulai dari pukul 10.00 Wita, diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Petrus Pujiyanta dan selanjutnya forum dibuka secara resmi oleh Ketua Pengawas Puskopdit Bali Artha Guna, FX. I Made Hirawan.

Sesi pertama diisi dengan penyampaian Aspek Kepengawasan Koperasi Kredit oleh FX. Soenaryo. Ia menjelaskan 5 aspek pemeriksaan yang terdiri atas aspek hukum, aspek organisasi, aspek keuangan, aspek permodalan serta aspek manajemen. Aspek hukum menelaah sejauh mana legalitas kopdit sebagai alat atau rambu-rambu dalam menjalankan operasionalnya. Aspek organisasi menelaah sejauhmana Pengurus Pengawas dan manajemen melakukan aktivitasnya. Aspek keuangan menelaah sejauhmana transparansi laporan keuangan yang telah dibuat. Aspek permodalan menelaah apakah sumber permodalan berasal dari anggota atau dari non anggota. Selanjutnya, aspek manajemen menelaah kinerja manajemen dengan berbagai fasilitas yang ada di dalam melaksanakan operasional.

FX. Soenaryo juga menyampaikan sikap yang perlu diambil oleh Pengawas dalam melakukan pemeriksaan. Pertama, dalam hal pembukuan dan keuangan menjadi teman bagi Bendahara yang tugasnya menyakinkan Bendahara bahwa pekerjaan temannya itu sudah benar. Kedua terhadap Pengurus, menjadi partner yang dapat dijadikan teman untuk saling konsultasi. Ketiga terhadap organisasi secara keseluruhan, bertindak sebagai montir terhadap mobil yang meyakinkan bahwa semua dalam keadaan baik. Usai penyampaian sesi pertama, dilaksanakan sesi tanya jawab.

Sesi kedua diisi dengan penyampaian Latar Belakang & Tujuan Forum Pengawas oleh Pengawas Puskopdit BAG, yaitu FX. I Made Hirawan, I Ketut Winanta dan Putu Artawan. Latar belakang forum adalah berawal dari adanya pemikiran dari Pengawas Puskopdit BAG yang diawali dengan dengan pertemuan tercetus ide membentuk Forum Pengawas dengan menggunakan IT medsos agar bisa bertemu dan berkomunikasi lebih efektif. Adapun tujuan forum di antaranya adalah tercipta komunikasi yang efektif dan bersinergi antar Pengawas koperasi yang menjadi binaan Puskopdit BAG, tercipta standarisasi kepengawasan sebagai acuan bagi Pengawas primer untuk melakukan tugas kepengawasan, sebagai wadah untuk bisa share of knowledge and experience, agar kepengawasan di masing – masing primer dapat dilakukan secara benar dan efektif sesuai rencana kerja serta tujuan akhir adalah semua koperasi primer dalam keadaan sehat.

Kemudian dilanjutkan dengan sharing pengalaman kepengawasan dari I Ketut Murdana dari KSP Wisuda Guna Raharja, Ketut Widawati dari Kopdit Swastiastu Singaraja, Antonius Madyo Utomo dari Kopdit Tri Tunggal Tuka, Darius Beda Lasar dari KSP Kasih Abadi serta Petrus Pujiyanta dari Kopdit Insan Mandiri. Dengan berakhirnya penyampaian sesi, acara forum pun ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Theresia Kadek Noviana Daryanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.