Diklat Perkreditan Koperasi

SPEAK YOUR MIND

Diklat-Kredit

Puskopdit Bali Artha Guna menyelenggarakan “Diklat Perkreditan Koperasi” pada hari Sabtu (21/7) di Ruang Diklat Lt. III Kantor Puskopdit BAG. Diklat ini diikuti oleh 43 peserta dari 17 koperasi primer anggota dan menghadirkan 2 orang narasumber. Diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Valerie Yuniati, acara dibuka secara resmi dengan sambutan dari I Nyoman Marsina selaku Wakil Ketua Pengurus Puskopdit BAG.

Sesi materi pertama dibawakan oleh Antonius Ari Wijaya mengenai Administrasi dan Prosedur Perkreditan Kopdit. Sebagai pendahuluan, ia menjelaskan mengenai konsep penyaluran kredit serta tugas dan tanggung jawab dari komite dan staf kredit. Selanjutnya dijelaskan mengenai proses peminjaman, yang meliputi Tahap Permohonan Pinjaman, Tahap Penyelidikan Pinjaman, Tahap Evaluasi (Wawancara, Analisa & Rekomendasi) Pinjaman, Tahap Persetujuan Pinjaman, Tahap Pemberian Pinjaman dan Tahap Monitoring Pinjaman. Dalam pemaparannya, juga ditunjukkan manual prosedur permohonan kredit dengan flowchart serta praktek analisis 5C (Character, Capacity, Collateral, Capital & Condition) dan beberapa contoh studi kasus menghitung rasio hutang.

Sesi materi kedua dibawakan oleh Yohanes Putu Suryantha mengenai Sistem Penagihan dan Penanganan Kredit Lalai. Ia membagikan pengalamannya terkait teknis penagihan yang selama ini diterapkan serta menjelaskan secara rinci cara penanganan kredit lalai yang dilakukan via telepon, dengan memberikan surat peringatan (I, II, III), kunjungan ke anggota, penyelesaian secara kekeluargaan hingga pendekatan secara hukum. Para peserta juga diajak praktek cara menghitung jumlah maksimal pinjaman yang diberikan kepada anggota. Selanjutnya, ia juga menyampaikan panduan Manajemen Tunggakan yang diterapkan di KSP Wisuda Guna Raharja yang bisa menjadi referensi bagi peserta untuk diterapkan di koperasi primernya.

Sesi terakhir, sharing antar primer anggota. Beberapa peserta menyampaikan kondisi perkreditan di koperasinya masing-masing, yang selanjutnya ditanggapi kembali oleh peserta lainnya dan narasumber. Tepat pukul 13.00 Wita acara diklat pun ditutup secara resmi oleh I Nyoman Marsina, dan diakhiri dengan doa bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.