Seminar Teknologi Informasi untuk Koperasi

SPEAK YOUR MIND

DSC_0993

Teknologi informasi (TI) merupakan suatu bidang yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan dari TI begitu pesat dari waktu ke waktu sehingga banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh penggunanya. Salah satunya adalah koperasi, yang sistem operasional dan pelayanan kepada anggotanya tidak terlepas dari penggunaan TI.

Menyikapi fenomena ini, Puskopdit Bali Artha Guna mengadakan “Seminar Teknologi Informasi untuk Koperasi”. Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 22-24 Januari 2016 yang bertempat di Zizz Hotel, Jalan Mudutaki V No. 2 Tegaljaya, Dalung. Adapun jumlah peserta pada hari pertama (26 orang), hari kedua (27 orang) dan hari terakhir (35 orang). Peserta tidak hanya berasal dari koperasi primer anggota, namun ada juga peserta dari koperasi luar Bali yaitu CU Blom Bea Ling, Mitra Mandiri dan CU Satu Hati dari Kalimantan serta CU Mekar Sai dan CU Bunga Tanjung dari Lampung.

Acara yang dimulai pada hari Jumat (22/1), dibuka dengan sambutan dari Sekretaris Pengurus Bali Artha Guna, Jerry Manurip. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai perencanaan sistem dan implementasi TI yang disampaikan oleh Endy Chandra. Beliau menjelaskan banyak hal mulai dari dasar-dasar TI, perencanaan dan infrastrukturnya, database dan bagaimana pemilihan teknologi yang sesuai untuk koperasi.

Hari kedua, materi pertama mengenai perangkat lunak merdeka (FOSS) dan teknologi informasi terkini disampaikan oleh Rusmanto (Ketua STT-NF dan Bidang Komunitas AOSI). Beliau mengenalkan konsep FOSS untuk koperasi, CLOUD dan BIG DATA untuk pengembangan koperasi saat ini dan kebutuhan masa yang akan datang. Selanjutnya, materi kedua mengenai pengenalan dan implementasi AKSES-APPS kembali disampaikan oleh Endy Chandra.

Pada hari terakhir, dilaksanakan pelatihan AKSES-APPS yang dipimpin langsung oleh Endy Chandra dan dibantu oleh staffnya. Beliau membagi peserta ke dalam 6 kelompok, yang mana setiap kelompok dapat mengakses sendiri halaman websitenya. Para peserta sangat antusias dengan pelatihan ini, karena kebanyakan dari mereka juga menyukai belajar pengetahuan baru. Selain merupakan bagian dari pendidikan, seminar ini juga sebagai sarana komunikasi para peserta untuk menjaga kebersamaaan dan menambah keakraban khususnya juga bagi peserta dari luar Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.