Credit Union Director’s Competency Course

SPEAK YOUR MIND

Puskopdit Bali Artha Guna menyelenggarakan Credit Union Director’s Competency Course dari hari Rabu sampai Sabtu, 24-27 Juni 2015, di Ruang Diklat Lantai 3 Kantor, Jl. Mudutaki IV, Tegaljaya, Dalung, Kuta Utara, Badung, Bali. Pelatihan yang diikuti oleh 38 peserta dari anggota primer Puskopdit BAG ini memberikan 9 materi yang dibawakan oleh fasilitator internal dalam gerakan koperasi kredit di Bali.

11707937_1005119499532215_6148312716681309348_o

Diawali dengan trailer film Wall Street, peserta diajak berefleksi oleh Paskalis Budy Hartono, S.E. tentang sikap dalam berkoperasi berkaca dari apa yang terjadi di pusat kapitalis dunia, Amerika. Wakil Ketua Pengurus Puskopdit Bali Artha Guna tersebut membuka acara dengan menggugah kesadaran peserta untuk menengok kembali semangat awal berkoperasi. Juga apa dampak dari kegiatan peserta selama ini terhadap lingkungan sosial sekitar. Dalam sambutan yang dimulai pada pukul 08.00 itu ia berujar bahwa CUDCC akan diselenggerakan 3-4 kali lagi selama ia menjabat agar seluruh kepengurusan bisa dianggap kompeten.

Acara hari itu dilanjut dengan materi CU In The Market Place oleh Ir. A. Wayan Puger; M.S, Board Duties & Responsibilities oleh F.X. Soenaryo dan M.S. & Marcela Wayan Kartika Rini, S.P; dan Legislative Compliance oleh F.X. Joniono Raharjo, S.H. Pada hari Rabu modul Strategic Planning dan Business Development Product & Services dibawakan oleh Drs. Y. Gede Sutmasa, M.S. Sedangkan pada hari ketiga materi Human Resources Management difasilitasi oleh Paskalis Budy Hartono, S.E.; Good Cooperative Governance oleh Y. Wayan Subadi, S.E.; dan Financial Management & Analysis sesi pertama oleh I Wayan Ceblos, S.E. Di hari terakhir masih diisi satu sesi Financial Management & Analysis oleh P. Ni Kadek Verdela C., S.E.; Credit Administration oleh Drs. I Wayan Widastra dan ditutup dengan Board Assesment oleh Ir. A. Wayan Puger, M.S.

Proses penyampaian pengetahuan dan wawasan selama empat hari itu dibagi dalam empat macam: presentasi oleh pemateri; diskusi dalam kelompok; presentasi kelompok dan refleksi. Sayangnya, dari 40 yang terdaftar, 37 yang ikut di awal, hanya tersisa 31 orang yang bisa mengikuti semua sesi dengan lengkap. Peserta merasa selain pengetahuannya yang meningkat juga teman bertambah banyak di dalam gerakan. 12 jam selama empat hari bersama-sama membuat keakraban tercipta. Peserta juga meminta bagian diklat Puskopdit BAG untuk menyelenggerakan pelatihan Financial Management & Analysis satu hari penuh karena mereka merasa materi ini sangat penting dan waktu selama CUDCC sangat kurang.

By Rio | June 27, 2015 |

Leave a Reply

Your email address will not be published.