Puskopdit BAG Gelar Diklat CUCCC

SPEAK YOUR MIND

 

Pusat Koperasi Kredit Bali Artha Guna menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Credit Union CEO’s Competency Course (CUCCC). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama lima hari dari 4 sampai 9 September 2014 bertempat di aula kecil Rumah Khalwat Tegaljaya Dalung. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Pengurus Puskopdit Bali Artha Guna Drs. F.X. Soenaryo, MS. Para peserta diklat kali ini dikhususkan bagi para Manajer/GM/Kepala Cabang.

 

cuccc

 

Tujuan diklat CUCCC ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para manajer Kopdit/KSP dalam memimpin atau mengelola organisasi yang dihadapkan pada perkembangan kondisi eksternal dan internal sehingga mampu menjalankan roda organisasi dengan baik. Para peserta diklat diutamakan yang belum pernah mengikuti pelatihan sejenis baik yang diadakan oleh Inkopdit maupun oleh lembaga lainnya.

Adapun fasilitator adalah Stefanus Toga Siagian, Manajer Diklat Induk Koperasi Kredit dan Getrianania, staff diklat Inkopdit. Keduanya selama empat hari memperkaya para peserta dengan materi-materi yang memang sangat berkaitan erat dengan fungsi dan tugas seorang General Manager atau Manager.

Materi-materi sesuai dengan modul CUCCC. Hari pertama materi CEO roles and Core Competency  dan Credit Union in the Marketplace. Hari kedua materi Strategic Thinking, The Art of Creating Value dan Role of Credit Unionas Trusted Wealth Creation Advisor For Member. Hari ketiga Getrianania memaparkan materi Risk Management dan Stephanus memaparkan materi Human Resources Management. Hari keempat materi Financial Management & Analysis oleh Stephanus yang kemudian ia lanjutkan dengan materi Customer Relationship Management. Hari terakhir Stephanus kembali memaparkan materi Good Coperative Governance dan Legislative Compliance & CEO’s Responsibilities. Kegiatan pun berakhir dengan evaluasi dan rencana tindak lanjut yang dipandu oleh Getrianania.

Selama lima hari mengikuti diklat CUCCC ini, para peserta mendapatkan pengetahuan yang sangat bermanfaat dalam mendukung tugas dan tanggung jawab mereka mengelola manajemen koperasi. Manajer Kopdit Tritunggal Tuka F.X. Hirawan yang mengaku baru awal September 2014 ini menempati kursi Manajer di Koperasi tersebut mengatakan Diklat CUCCC ini sangat bermanfaat bagi para manajer dan calon manajer dalam mengelola manajemen yang menjadi tanggung jawabnya. “Saya berterima kasih bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti diklat CUCCC ini apalagi saya akui belum terlalu paham seluk beluk mengelola manajemen. Kalau menjadi pengurus koperasi saya memang sudah terbiasa. Ujarnya ditemui Mentik di ruang kerjanya belum lama ini.

Sedangkan Manajer Kopdit Kubu Bingin Dewa Ayu Putriani mengatakan meskipun dirinya sudah lama menduduki posisi sebagai manajer namun diklat CUCCC ini benar-benar membawa sesuatu yang baru. “Saya jadi sadar, ternyata apa yang selama ini kita pikir sudah benar ternyata masih penuh kelemahan dan perlu dibenahi. Diklat CUCCC ini benar-benar memberikan banyak ilmu yang bermanfaat untuk semakin memberdayakan tugas sebagai manajer CU”, ujarnya.

By Rio | September 10, 2014 |

Leave a Reply

Your email address will not be published.