Lokakarya & RAK Rencana Kerja dan RAPB Puskopdit BAG TB 2023

SPEAK YOUR MIND

Puskopdit Bali Artha Guna menyelenggarakan Lokakarya & Rapat Anggota Khusus Rencana Kerja dan RAPB Tahun Buku 2023 pada hari Sabtu, 26 November 2022 di Ruang Pertemuan Lt. III Kantor Puskopdit Bali Artha Guna. Adapun peserta yang hadir sejumlah 50 orang dari 18 primer anggota beserta Pengurus, Pengawas dan perwakilan Manajemen Puskopdit Bali Artha Guna. Acara dimulai pukul 08.45 Wita yang diawali dengan doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Kopdit kemudian sambutan oleh Ketua Puskopdit Bali Artha Guna, I Nyoman Marsina yang membuka acara secara resmi.

Agenda pertama adalah Lokakarya mengenai “Membedah Rancangan Undang-Undang Perkoperasian yang Baru” oleh FX. Joniono Rahardjo. Dalam pemaparannya, dijabarkan secara rinci RUU Perkoperasian meliputi Bab I Ketentuan Umum, Bab II Nilai dan Prinsip, Bab III Status, Bentuk, Pendirian, Anggaran Dasar, Perubahan Anggaran Dasar, dan Pengumuman, Bab IV Keanggotaan, Bab V Perangkat Organisasi, Bab VI Modal dan Utang, Bab VII Usaha, Bab VIII Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi, Bab IX Selisih Hasil Usaha, Bab X Pengawasan, Bab XI Restrukturisasi Koperasi, Bab XII Kepailitan, Pembubaran, dan Penyelesaian, Bab XIII Ekosistem Koperasi, Bab XIV Ketentuan Pidana, Bab XV Ketentuan Peralihan hingga Bab XVI Ketentuan Penutup. Pak Joni juga menjelaskan sekilas mengenai RUU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) yang terkait dengan kegiatan usaha simpan pinjam oleh koperasi.

Selanjutnya pukul 11.30 Wita dimulai Rapat Anggota Khusus Rencana Kerja & RAPB Tahun Buku 2023. Ketua Pengurus menyampaikan kuorum rapat dan memandu pemilihan Pimpinan Rapat hingga terpilih Silvester Noveantara sebagai Ketua dan Ni Kadek Sri Hatunezra sebagai Sekretaris. Pimpinan Rapat selanjutnya mengambil alih jalannya acara. Pengurus Puskopdit Bali Artha Guna kemudian menyampaikan Laporan Realisasi Rencana Kerja dan Realisasi Keuangan sampai dengan 31 Oktober 2022. Hingga masuk ke agenda inti, yaitu membahas mengenai Rancangan Rencana Kerja, Pola Kebijakan dan RAPB Tahun Buku 2023.

Rancangan Pola Kebijakan mencakup kebijakan tentang Keanggotaan, Keuangan, Pembagian SHU, Iuran Solidaritas, Monitoring & Evaluasi, Pendidikan serta Acara Kebersamaan BAG. Selanjutnya, Rencana Kerja Tahun Buku 2023 mencakup Aspek Legalitas, Organisasi, Usaha serta Manajemen. Kemudian, Rancangan RAPB Tahun Buku 2023 yang mencakup Proyeksi Neraca dan Proyeksi Perhitungan Hasil Usaha. Rapat yang berakhir pukul 13.00 Wita tersebut akhirnya memutuskan menerima dan mengesahkan :

  1. Rencana Kerja tahun buku 2023;
  2. Pola Kebijakan tahun buku 2023;
  3. Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja tahun buku 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *