Pembekalan, RCC dan Uji Sertifikasi 2022

SPEAK YOUR MIND

Puskopdit Bali Artha Guna menyelenggarakan “Pembekalan, RCC dan Uji Sertifikasi Kasir, Juru Buku, Juru Tagih, Juru Survey & Customer Service” pada tanggal 6-8 Mei 2022 dilanjutkan tanggal 14 Mei 2022 di Ruang Diklat Lt. III Kantor Puskopdit Bali Artha Guna. Adapun jumlah peserta sertifikasi yaitu 111 orang dari 14 koperasi primer anggota dan terbagi ke dalam 4 gelombang.

Hari pertama, Jumat (6/5) hadir 28 peserta yang terbagi atas 17 Kasir, 8 Juru Buku dan 3 Customer Service. Acara dimulai pukul 09.00 Wita, diawali dengan doa selanjutnya diisi dengan pembekalan bagi Kasir dan Customer Service baru oleh I Wayan Ceblos serta pembekalan bagi Juru Buku oleh Paulina Ni Kadek Verdela C. Pukul 11.00 Wita hadir Asesor LSP KJK Nasional dan acara pun dibuka secara resmi oleh I Ketut Murdana selaku Wakil Ketua Pengurus Puskopdit Bali Artha Guna.

Admin LSP KJK Nasional memeriksa kelengkapan data peserta uji yang sudah melakukan registrasi online beberapa hari sebelumnya, kemudian melakukan verifikasi dan validasi data sehingga peserta dinyatakan layak mengikuti uji sertifikasi. Adapun asesor LSP KJK Nasional yang hadir pada gelombang I ini adalah I Wayan Artana, I Nyoman Sarna dan G. A. Made Surabrata Agung. Para asesor terlebih dahulu memberikan pengarahan kepada peserta mengenai teknis uji sertifikasi meliputi metode uji serta portofolionya, selanjutnya tiap peserta melaksanakan uji sertifikasi oleh asesor masing-masing secara bergantian.

Hari kedua, Sabtu (7/5) hadir 37 peserta yang terbagi atas 32 Juru Tagih dan 5 Juru Survey. Acara dimulai pukul 09.00 Wita, diawali dengan doa selanjutnya diisi dengan pembekalan Juru Tagih dan Juru Survey baru oleh I Ketut Murdana. Usai pembekalan, hadir asesor LSP KJK Nasional pada gelombang II ini yaitu I Wayan Artana, I Wayan Suardika dan M. Chen Hamris. Adapun teknis pelaksanaan ujinya sama dengan gelombang I.

Hari ketiga, Minggu (8/5) hadir 25 peserta RCC yang terbagi atas 3 Kasir, 3 Juru Survey dan 19 Juru Tagih. Berbeda dengan gelombang sebelumnya, pada gelombang III ini tidak diisi pembekalan lagi dikarenakan peserta sudah pernah ikut diklat dan/atau pembekalan 3 tahun lalu dan saat ini hanya uji sertifikasi perpanjangan. Adapun asesor LSP KJK Nasional yang hadir pada gelombang III ini adalah I Wayan Artana, I Nyoman Sukarta dan I Gede Tanjung.

Kegiatan sertifikasi dilanjutkan kembali pada hari Sabtu (14/5). Hadir 21 peserta RCC yang terbagi atas 1 Kasir, 18 Juru Tagih dan 2 Juru Survey pada gelombang IV ini. Adapun asesor LSP KJK Nasional yang hadir kali ini adalah I Wayan Artana, Ngurah Indrayana dan I Nyoman Gede Supraptha. Untuk teknis pelaksanaan uji sertifikasi perpanjangannya, sama dengan gelombang III.

Usai keseluruhan uji, akhirnya semua peserta Uji Sertifikasi Kasir, Juru Buku, Juru Tagih, Juru Survey & Customer Service di bawah naungan Puskopdit Bali Artha Guna dinyatakan KOMPETEN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.