Diklat Manajemen Tata Kelola

SPEAK YOUR MIND

Seiring dengan perkembangan Koperasi Kredit (CU), tentunya diperlukan tata kelola yang baik demi meningkatkan kinerja lembaga. Untuk itu Puskopdit Bali Artha Guna memandang perlu menyelenggarakan Diklat Manajemen Tata Kelola, atau yang sering disebut Credit Union Label of Excellence in Governance (CULEG). Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual via zoom meeting pada hari Jumat, 21 Januari 2022 yang diikuti oleh 68 peserta dari 17 koperasi primer anggota. Acara dimulai pukul 09.45 Wita, diawali dengan doa selanjutnya dibuka secara resmi dengan sambutan oleh Wakil Ketua Pengurus Puskopdit Bali Artha Guna, I Ketut Murdana.

Materi Credit Union Label of Excellence in Governance (CULEG) disampaikan oleh Maria Andina, SH. M.Kn yang merupakan Manajer HRD Inkopdit. Maria Andina mengawali pemaparannya dengan pengertian tata kelola, prinsip, nilai- nilai dan etika serta perbedaan CU dengan lembaga keuangan lainnya. Adapun hal yang melatarbelakangi yaitu terjadinya krisis yang sedang dialami CU yang disebabkan oleh penyimpangan dari misi awal atau ideologi CU itu sendiri. Padahal tujuan inti dari CU adalah mewujudkan kehidupan yang lebih baik, membangun komunitas dan lembaga yang berkelanjutan.

Selanjutnya disampaikan mengenai tantangan internal CU yang meliputi keamanan dan kesehatan, pergeseran misi, persaingan antar CU yang semakin parah, ketidakjelasan batasan wilayah pelayanan, kebutuhan anggota hingga tata kelola. Terdapat 4 hal yang menjadi dasar mengapa tata kelola itu penting yaitu untuk memastikan pengawasan manajemen yang tepat, mengidentifikasi dan mengkomunikasikan kemungkinan risiko kepada manajemen, mengevaluasi kecukupan dan efektivitas pengawasan serta memantau dampak layanan terhadap misi CU.

Maria Andina juga memaparkan secara rinci mengenai 11 prinsip CULEG diantaranya Partisipasi, Transparansi, Akuntabilitas, Orientasi Konsensus, Efisiensi dan Efektivitas, Ekuiti dan Inklusifiti, Kepatuhan terhadap Peraturan, Kebijakan dan Regulasi, Strategi dan Kepemimpinan yang Visioner, Pengetahuan dan Keterampilan Kepemimpinan, Kinerja Lembaga hingga Integrasi Gerakan. Para peserta juga berbagi pengalaman penerapan tata kelola di lembaganya masing-masing.

Dengan berakhirnya penyampaian tersebut pukul 13.00 Wita, Diklat Manajemen Tata Kelola pun usai dan ditutup dengan sambutan oleh I Ketut Murdana serta doa penutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.