Diklat Calon Pengurus dan Pengawas Koperasi 2019

SPEAK YOUR MIND

Dalam sebuah organisasi peran kepengurusan sangatlah penting, begitu juga dengan kepengurusan dalam sebuah koperasi yaitu Pengurus dan Pengawas. Pengurus dan Pengawas merupakan wakil dari anggota yang dipilih dari dan oleh anggota dalam Rapat Anggota. Sebagai pihak yang dipercaya oleh anggota untuk menjalankan roda koperasi, maka Pengurus dan Pengawas wajib melaksanakan harapan dan amanah para anggota.

Menyikapi hal tersebut, maka pada tanggal 14 Desember 2019 Puskopdit Bali Artha Guna mengadakan “Diklat Calon Pengurus dan Pengawas Koperasi” di Ruang Diklat Lt. III Kantor Puskopdit Bali Artha Guna. Pelatihan ini dihadiri oleh 32 peserta dari 12 koperasi primer anggota. Acara dimulai pukul 08.45 Wita yang diawali dengan doa selanjutnya dibuka secara resmi dengan sambutan oleh I Nyoman Marsina selaku Wakil Ketua Pengurus Puskopdit Bali Artha Guna.

Sesi materi pertama diisi oleh Paskalis Budy Hartono mengenai Jati Diri dan Struktur Organisasi Koperasi Kredit. Budy menuturkan bahwa kita harus selalu berpedoman pada nilai-nilai koperasi yang meliputi kejujuran, keterbukaan, tanggung jawab sosial dan kepedulian pada orang lain. Selanjutnya sesi materi kedua diisi oleh FX. Joniono Raharjo yang membawakan materi mengenai Tugas, Fungsi dan Wewenang Pengurus Koperasi Kredit. Joni menegaskan bahwa sebagai seorang Pengurus harus melaksanakan kewajiban bertindak berdasarkan itikad baik atas apa yang diyakini benar demi kepentingan koperasi. “Pengurus harus punya integritas, kompetensi dan komiten”, tegasnya.

Materi ketiga diisi oleh N. Nyoman Edy Widiharyanto mengenai Tugas, Fungsi dan Wewenang Pengawas Koperasi Kredit. Edy menjelaskan sikap yang diambil sebagai seorang pengawas terhadap organisasi secara keseluruhan, seperti seorang dokter. Kemudian materi terakhir mengenai Manajemen Keuangan Koperasi Kredit diisi oleh Antonius Wayan Puger. Ia menjelaskan mengenai pengelolaan keuangan, siklus manajemen keuangan hingga hubungan manajemen keuangan dengan akuntansi.

Akhirnya, pukul 16.00 Wita acara diklat pun ditutup secara resmi oleh I Nyoman Marsina. “Terima kasih kepada para peserta yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti diklat ini. Semoga ilmu yang diperoleh dalam pelatihan ini, nantinya dapat diterapkan dengan baik demi kemajuan primer masing-masing”, ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.