Pembekalan Sertifikasi dan Uji Kompetensi Kasir, Juru Buku, Juru Tagih, Juru Survey & Customer Service

SPEAK YOUR MIND

Sertifikasi 1

Puskopdit Bali Artha Guna menyelenggarakan “Pembekalan Sertifikasi dan Uji Kompetensi Kasir, Juru Buku, Juru Tagih, Juru Survey & Customer Service” tanggal 13-14 Juli 2019 di Ruang Diklat Lt. III Kantor Puskopdit Bali Artha Guna. Adapun jumlah peserta sertifikasi tersebut adalah 119 orang dari 15 koperasi primer anggota dan terbagi ke dalam 2 gelombang. Hari pertama, Sabtu (13/7) dilaksanakan pembekalan sertifikasi dan uji kompetensi untuk 25 Kasir & 35 Juru Tagih.

Acara dimulai pukul 09.30 Wita, diawali dengan doa selanjutnya dibuka secara resmi oleh I Nyoman Marsina selaku Wakil Ketua Pengurus Puskopdit Bali Artha Guna. Kemudian dilanjutkan dengan acara pembekalan Kasir dan Juru Tagih oleh I Wayan Ceblos dan didampingi oleh I Nyoman Marsina. Beliau menyampaikan tujuan & dasar dilaksanakan Uji Kompetensi serta memaparkan pokok-pokok materi yang berkaitan dengan 6 Kompetensi (UK) peserta. Usai pembekalan, dilaksanakan cek data registrasi online peserta yang dipandu oleh Linda Lusiana Dewi, admin LSP KJK Nasional.

Peserta yang sudah lengkap mengisi data diri dan upload berkas/ bukti pendukung sertifikasi ke website LSP KJK Nasional, selanjutnya dibagi ke dalam 6 kelompok. Dalam uji kompetensi ini, hadir 6 asesor yaitu Putu Netra Switrajaya, I Gede Tanjung, I Wayan Artana, I Ketut Suparthama, I Putu Wiartha Suhita dan M. Cen Hamris P. Setiap asesor menguji 10 orang asesi, yang mana 4 asesor menguji di Ruang Diklat Lt. III dan 2 asesor lainnya menguji di Ruang Meeting Lt. II dan Ruang Perpustakaan. Acara dilanjutkan dengan tes wawancara, tiap asesi masuk satu per satu ke dalam ruangan untuk melaksanakan ujiannya.

Sertifikasi 2

Selanjutnya hari kedua, Minggu (14/7) dilaksanakan pembekalan sertifikasi dan uji kompetensi untuk 38 Juru Tagih, 8 Juru Buku, 6 Juru Survey & 7 Customer Service. Pembekalan untuk peserta Juru Tagih, Juru Survey dan Customer Service dipandu oleh I Nyoman Marsina, sedangkan peserta Juru Buku dipandu oleh I Wayan Ceblos dan dilaksanakan di Ruang Meeting Lt. II. Untuk teknis acara selanjutnya, sama dengan pelaksanaan uji kompetensi di hari Sabtu.

Usai keseluruhan tes, para asesor LSP KJK Nasional mengadakan koordinasi internal untuk membahas pelaksanaan tes tersebut. Sekitar pukul 18.10 Wita, akhirnya asesor LSP KJK Nasional mengumumkan bahwa semua peserta Uji Kompetensi Kasir, Juru Buku, Juru Tagih, Juru Survey & Customer Service di bawah naungan Puskopdit Bali Artha Guna direkomendasikan untuk dinyatakan KOMPETEN. Acara dilanjutkan dengan sambutan penutup oleh I Nyoman Marsina dan doa bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.