Diklat Sertifikasi dan Uji Kompetensi Manajer/Kacab Koperasi Tahap II

SPEAK YOUR MIND

DSCN4822

Puskopdit Bali Artha Guna menyelenggarakan “Diklat Sertifikasi dan Uji Kompetensi Manajer/Kepala Cabang Koperasi Jasa Keuangan”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5-7 Desember 2018 di Ruang Diklat Lt. III Kantor Puskopdit Bali Artha Guna yang diikuti 13 peserta. Adapun peserta meliputi General Manager, Manajer, Kepala Kantor Cabang, Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) serta Kepala Operasional dari 7 koperasi primer anggota dan Koperasi SMK Penerbangan Cakra Nusantara.

Rabu (5/12) diawali dengan doa, acara dibuka secara resmi dengan sambutan oleh I Nyoman Marsina selaku Wakil Ketua Pengurus Puskopdit Bali Artha Guna. Selanjutnya disampaikan orientasi pelatihan oleh Bagian Diklat Puskopdit Bali Artha Guna. Hari pertama ini diisi dengan 6 sesi materi, yaitu sesi I-II “Melakukan Prinsip-Prinsip Pengelolaan Organisasi & Manajemen Koperasi Kredit” dan “Melakukan Kontrak Pinjaman/Pembiayaan dan Pengikatan Agunan” oleh FX. Joniono Raharjo, sesi III “Memberikan Motivasi” oleh I Nyoman Marsina, sesi IV “Melaksanakan Pengendalian Intern” oleh I Ketut Murdana serta sesi V-VI “Menyusun Perencanaan Strategis” dan “Mengamankan Asset dan Infrastruktur” oleh I Gusti Agung Ngurah Darma Susila.

Pada pertengahan sesi juga terdapat penyampaian informasi dari pihak LSP KJK Nasional mengenai skema sertifikasi dan tata cara registrasi online untuk pendaftaran peserta sebelum melakukan uji kompetensi Manajer/Kepala Cabang Koperasi. Selanjutnya hari Kamis (6/12) terdapat 5 sesi penyampaian materi, yaitu sesi VII-VIII “Menilai Tingkat Kesehatan” dan “Menganalisa Program Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya” oleh Antonius Wayan Puger serta sesi IX-XI mengenai “Melakukan Kemitraan, Negosiasi & Menyajikan Presentasi” oleh Ni Komang Trisnawati.

Keesokan harinya (7/12) dilaksanaan Uji Kompetensi Manajer/Kepala Cabang Koperasi yang bekerjasama dengan LSP KJK Nasional. Hadir 3 orang asesor dalam ujian ini, yaitu Bapak Gusti Agung Made Surabrata Agung, Bapak I Putu Wiartha Suhita dan Bapak I Nyoman Gede Supraptha. Para peserta yang sudah terdaftar dibagi ke dalam 3 kelompok asesor tersebut. Selanjutnya tiap kelompok menempati ruangan yang berbeda, yaitu ujian kelompok I dilaksanakan di Ruang Pertemuan Lt. III, ujian kelompok II di Ruang Pertemuan Lt. II serta ujian kelompok III di Ruang Perpustakaan. Acara dilanjutkan dengan tes wawancara yang mana masing-masing peserta menjawab berbagai pertanyaan terkait unit kompetensi yang diajukan oleh asesornya kemudian dilaksanakan praktek presentasi, kemitraan dan negosiasi antar peserta.

Usai keseluruhan tes, para asesor LSP KJK Nasional mengadakan koordinasi internal untuk membahas pelaksanaan tes tersebut. Sekitar pukul 15.00 Wita, akhirnya asesor LSP KJK Nasional mengumumkan bahwa semua peserta Uji Kompetensi Manajer/Kepala Cabang Koperasi di bawah naungan Puskopdit Bali Artha Guna direkomendasikan untuk dinyatakan KOMPETEN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.