Diklat “Training of Trainers”

SPEAK YOUR MIND

Diklat TOT

Dalam rangka menyiapkan dan meningkatkan kualitas para fasilitator yang berkompeten di Koperasi Kredit, Puskopdit Bali Artha Guna menyelenggarakan Diklat Training of Trainers (TOT) pada tanggal 21-24 Juni 2017. Pelatihan ini dilaksanakan di Ruang Diklat Lt. III Puskopdit BAG dengan diikuti oleh 30 orang peserta dari 12 primer anggota yang terdiri atas Pengurus, Pengawas dan Manajemen.

Diawali dengan doa bersama, acara dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Pengurus Puskopdit BAG, Paskalis Budy Hartono. Pada hari pertama disampaikan Orientasi Kegiatan TOT oleh Bagian Diklat Puskopdit BAG kemudian dilanjutkan dengan Materi I “Penerapan Jati Diri Kopdit – Prinsip Operasional Credit Union” oleh Ir. Antonius Wayan Puger, MS. Dilanjutkan Materi II “Identifikasi Masalah Pelatihan Kopdit – Manajemen Pendidikan & Pelatihan Kopdit” oleh Paskalis Budy Hartono, SE dan Materi III “Merancang Pelatihan, Manajemen Logistik, Alat Bantu & Menyusun Anggaran Pelatihan” beserta prakteknya oleh I Putu Agus Widhiantara, S.Si.

Keesokan harinya, Kamis (22/6) kembali diisi dengan materi pelatihan “Andragogi & Metode Pelatihan serta Komunikasi & Dinamika Kelompok” oleh I Ketut Murdana, dilanjutkan dengan materi “Fungsi – Peran, Sikap, Ciri & Kiat Fasilitator Mapan” oleh M. Herry Purwanto serta ditutup dengan materi “Daya Serap & Perilaku Peserta Pelatihan – Membangun Partisipasi Aktif” oleh Ni Komang Trisnawati, SE. MM. Selanjutnya pada hari Jumat (23/6) dipaparkan materi “Public Speaking & Praktek Retorika” oleh Paskalis Budy Hartono, SE dan materi terakhir mengenai “Menyusun Silabus, Modul dan Presentasi” beserta prakteknya oleh Marcella Wayan Kartika Rini, SP.

Pada hari terakhir pelatihan diisi dengan praktek presentasi, yang mana setiap peserta tampil presentasi ke depan sesuai dengan nomor undian yang diambil. Peserta yang tampil silih berganti membawakan 6 topik presentasi yang diberikan oleh panitia dan juga dilakukan penilaian. Pada akhir acara, diumumkan 12 besar penampil terbaik dengan 3 besarnya adalah: 1. Kadek Bernardus Sokananta (KSP Duta Sejahtera), 2. I Gusti Ngurah Rai Gregorius (Kopdit Sumber Kasih Tangeb) dan 3. Putu Artawan (Kopdit Swastiastu Singaraja).

Leave a Reply

Your email address will not be published.