Diklat “Talkshow Marketing Kopdit”

SPEAK YOUR MIND

Talkshow Marketing

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Pengurus dan Pengelola Koperasi khususnya pada bidang marketing atau pemasaran, Puskopdit Bali Artha Guna mengadakan “Diklat Marketing Koperasi” pada hari Sabtu, 27 Agustus 2016 di Ruang Diklat Lantai III Puskopdit Bali Artha Guna.

Berbeda dengan diklat-diklat yang pernah diselenggarakan sebelumnya, diklat marketing kali ini dikemas dalam bentuk “talkshow” dengan menghadirkan narasumber dari kalangan Perbankan dan Koperasi yang sudah berpengalaman dibidangnya. Adapun diklat ini dihadiri oleh 44 peserta yang merupakan para pengurus dan manajemen dari koperasi primer anggota Puskopdit BAG.

Acara dimulai pukul 09.00 Wita, diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Rudhi Hartono selanjutnya acara dibuka secara resmi dengan sambutan dari Ketua Pengurus Puskopdit BAG, Antonius Wayan Puger. Adapun yang menjadi moderator dalam talkshow ini adalah Paskalis Budy Hartono yang kemudian memandu jalannya acara dengan mengundang para narasumber untuk duduk bersama di depan panggung.

Narasumber pertama adalah Fransiskus M. Patarruk selaku General Manager dari KSP Mulia Sejahtera. Ia menceritakan bagaimana strategi marketing yang diterapkan di KSP Mulia Sejahtera hingga pernah menjadi koperasi kredit terbaik di Kabupaten Tabanan. Ia juga membagikan beberapa kiat sukses koperasi dalam menggait anggota lengkap dengan sarana promosi yang digunakan hingga anggotanya banyak mencakup masyarakat pedesaan.

Kemudian ditambahkan dengan presentasi dari Staf Diklat KSP Mulia Sejahtera, Misbakudin. Ia menjelaskan siklus penjualan yang selama ini diterapkan di koperasinya. Mulai dari perencanaan (planning), prospecting, approaching, fact finding, presentation, handling object serta servicing. Dipaparkan juga mengenai empat level pelayanan yaitu Basic, Expected, Desire dan Unexpected.

Narasumber selanjutnya adalah Pandji Eka Paksi dari Bank Panin. Ia memaparkan mengenai proses dan strategi marketing di bank tersebut dan membagikan pengalaman-pengalamannya yang dapat membantu marketing koperasi kredit ke depannya. Narasumber terakhir adalah Luh Gede Wirawati dari Bank BRI yang juga memberikan sharing mengenai pelaksanaan marketing di bank tersebut.

Seusai para narasumber memberikan sharing, dilanjutkan dengan tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Dari proses tanya jawab tersebut, banyak sekali hal baru yang diperoleh para peserta yang tentunya berguna bagi keberlangsungan bidang marketing di koperasi masing-masing menjadi lebih baik. Tepat pukul 13.30 Wita, acara pun ditutup secara resmi oleh Paskalis Budy Hartono dan diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh FX. I Made Hirawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.