Forum Manajer Primer Anggota Pus BAG di Singaraja

SPEAK YOUR MIND

11180621_853860184695077_7258562651436941079_n

Pendidikan selalu menjadi fokus utama kegiatan Puskopdit Bali Artha Guna oleh sebab itu forum manajer sebagai sarana peningkatan kapasitas manajer-manajer primer anggota Puskopdit Bali Artha Guna kembali diadakan pada hari Sabtu (20/6) di Kopdit Swastiastu Singaraja. Dihadiri oleh 24 peserta yang terdiri dari manajer dan staff accounting, acara ini membahas tentang laporan keuangan yang sesuai SAK-ETAP, Perpajakan dan Analisa PEARLS.

Acara dimulai pukul 10.30 WITA, terlambat 30 menit karena seluruh peserta selain tuan rumah harus menempuh perjalanan 2-3 jam dari primer masing-masing menuju Kopdit Swastiastu yang berada di Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng. Semangat belajar dan kebersamaan membuat mereka rela melakukan perjalanan jauh dan melepas sebagian libur akhir pekan.

Sesi pertama diisi dengan Laporan Keuangan sesuai SAK-ETAP oleh Paulina Ni Kadek Verdela C., S.E. yang merupakan bagian audit Puskopdit BAG. Lulusan dari Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma itu mengoreksi lagi beberapa hal yang terkadang lalai dilakukan primer, seperti perbedaan istilah-istilah akuntansi untuk Koperasi Kredit dan perusahaan pada umumnya. Ia menjadikan LKSB Puskopdit BAG sebagai contoh yang sudah sesuai dengan ketentuan tersebut.

Sesi kedua diisi dengan materi Pemahaman Perpajakan oleh Manajer Puskopdit BAG, I Wayan Ceblos, S.E. Dalam sesi dialog yang sangat cair dan menarik perhatian seluruh peserta ini, ia berungkali menegaskan semua primer untuk taat pajak. “Kita tidak bisa lepas dari pajak, sampai saat ini kita hanya bisa menyiasati atau menunda, jangan sampai apa yang tidak kita bayar tahun ini malah ditagih empat sampai lima tahun lagi, semakin besar kopdit maka semakin mudah dilirik oleh petugas pajak.” Ungkapnya lugas.

Sesi terakhir tentang membaca analisa PEARLS oleh Paulina Ni Kadek Verdela C., S.E. Semua manajer tentu sudah paham tentang cara menghitung analisa PEARLS namun bagaimana cara membaca dan tindakan-tindakan yang harus dilakukan berdasar dari hasil perhitungan tersebut yang dibahas dan didiskusikan di antara manajer-manajer ini. Pertanyaan kritis dan pendapat yang dilontarkan menambah pemahaman dan wawasan sehingga muncul gagasan untuk membahas lagi materi ini dengan waktu yang lebih panjang.

1978773_853860091361753_4327933263406801378_n

Forum berakhir pukul 13.00 ditutup oleh ketua forum yang juga manajer Koperasi Wisuda Guna Raharja, Drs. Yohanes Gede Sutmasa, M.Si, ia mengumumkan forum selanjutnya akan diadakan di Koperasi Mulia Sejahtera dengan tema kepemimpinan. Ia sudah menyiapkan pemateri untuk acara tersebut dan meminta semua manajer untuk meluangkan waktu penuh di hari tersebut.

By Rio | June 20, 2015 |

Leave a Reply

Your email address will not be published.