Fungsi Web bagi Koperasi Kredit

1 Comment

????????????????????????????????????????????????????????????????

KENAPA SAAT INI KOPERASI KREDIT HARUS MEMILIKI WEBSITE? Beberapa belas tahun lalu Bill Gates, pendiri Microsoft, salah satu orang terkaya di dunia, pernah berkata “di masa depan, bisnis yang tidak masuk internet akan perlahan-lahan menghilang dan mati”. Karena di masa depan semua orang akan terhubung menggunakan internet. Ramalan itu mulai terbukti. Di Indonesia saja menurut lembaga riset pasar e-Marketer, populasi netter Tanah Air mencapai 83,7 juta orang pada 2014. Dari jumlah tersebut 70% adalah anak muda. Bali sebagai pusat pariwisata Indonesia tidak lepas dari pengaruh tersebut.

Sudah jamak kita temui orang dewasa dan anak muda mempunyai smartphone yang terhubung ke internet. Dari sana mereka mendapat informasi dan hiburan, mengalahkan majalah TV dan radio. Sudah banyak organisasi sadar akan potensi ini. Nah, saat semua bisnis konglomerat sampai usaha mikro, kecil dan menengah saja menggunakan internet sebagai alat bisnis mereka, Koperasi Kredit tidak boleh ketinggalan. Apalagi dengan semakin bertambahnya demografi usia anggota primer di Gerakan Koperasi Kredit Bali, mencari calon anggota berusia muda adalah suatu keharusan bila Koperasi Kredit mau terus bertahan lintas generasi. Karena agar kita bisa menjangkau mereka (anak muda), internet dan social media adalah jalan yang paling efektif dan efisien dibandingkan cara-cara lama.

Berikut saya tampilkan fungsi-fungsi web lainnya akan sangat mendukung kemajuan Koperasi Kredit.

1. Sarana Penjualan Produk
Koperasi Kredit punya keunggulan lebih dari pada Lembaga Keuangan lainnya, tapi bagaimana kita menyampaikannya? Lewat internet, kita bisa memasarkan Produk Simpanan dan Pinjaman Koperasi Kredit sehingga mereka yang membutuhkan produk kita bisa tahu dan menjadi anggota. Website itu fungsinya adalah sebagai alat untuk memperkenalkan produk kepada dunia internet. Dengan tingginya pemakai internet, Koperasi Kredit punya peluang untuk mendapatkan calon anggota dengan jumlah yang cukup banyak juga.

2. Mempermudah Komunikasi
Lewat website, Koperasi Kredit bisa berkomunikasi dengan mudah. Entah itu dengan lembaga di atas (Puskopdit, Inkopdit, ACCU dll), dengan anggota-anggota, dengan calon anggota dan sebagainya. Website modern itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website.
Adanya kotak komentar di website, adanya form contact adalah sebagian kecil dari cara komunikasi lewat website.

3. Memperkenalkan Profil Koperasi Kredit
Semakin dikenal profilnya maka akan makin terkenal Koperasi Kredit tersebut. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu mau jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil Koperasi Kredit adalah salah satu cara yang inovatif. Semua orang dari seluruh tempat bisa mengaksesnya.

4. Mendatangkan Calon Anggota
Sebuah website juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendatangkan calon anggota. Banyak perusahaan yang bisa menggaet klien dari luar daerah atau bahkan luar negeri lewat website yang mereka miliki. Begitu juga Koperasi Kredit bisa mendapat anggota lebih banyak dari daerahnya, atau secara nasional tergantung badan hukumnya.

5. Menjadi Sarana Publikasi Resmi Koperasi Kredit
Lewat website, Koperasi Kredit bisa menjadikannya sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya Koperasi Kredit mengadakan undian berhadiah, Tirta Yatre, Kegiatan Amal, Acara Kebudayaan, maka informasi seputar kegiatan tersebut bisa ditampilkan lewat website yang dimiliki. Bahkan, hampir semua perusahaan dituntut untuk memiliki website supaya anggota dan calon anggota lebih mengenal kegiatan yang dilakukan.

6. Branding
Membangun branding juga sangat penting bagi perusahaan. Nah peran membangun branding juga bisa dilakukan lewat website. Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding lewat website juga sangat perlu. Misal dengan warna-warna yang sesuai dengan Koperasi Kredit dan segala laporan kegiatan, visi-misi, profil dll.

7. Kemudahan Memberi Informasi
Dengan memiliki sebuah website, Koperasi kredit akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal kegiatan, berita terbaru, dan lain sebagainya. Dengan adanya website, anggota maupun calon anggota tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari Koperasi Kredit meski jaraknya sangat jauh.
Dari kasus banyak perusahaan, umumnya konsumen akan lebih suka berinteraksi dengan customer service perusahaan lewat sebuah website karena kepraktisannya.

8. Kemudahan Melakukan Polling
Polling juga merupakan sarana untuk mengetahui keadaan dan keinginan anggota atau calon anggota saat ini. Lewat website, kita bisa membuat polling dengan mudah dan praktis namun bisa dimaksimalkan. Di internet ada banyak penyedia layanan pembuatan form isian polling yang bisa ditampilkan di website.

9. Menimbulkan Kesan Profesional
Sebuah Koperasi Kredit yang memiliki website, sudah pasti akan mendapatkan perhatian lebih dari Koperasi Kredit yang belum memiliki website. Anggota maupun calon anggota pasti akan melihat lebih dulu kepada Koperasi Kredit yang sudah memiliki website. Itulah sebabnya perusahaan harus punya website. Bagaimana Koperasi Kredit bisa dianggap profesional bila masih menggunakan blog gratis seperti blogspot.com atau wordpress.com.

10. Mencari Partner Baru
Banyak perusahaan yang terkadang membutuhkkan partner untuk saling bekerja sama. Nah dengan mempublikasikan Koperasi Kredit lewat website yang dioptimalkan, akan semakin banyak orang atau perusahaan yang tahu mengenai keberadaan dan eksistensi Koperasi Kredit. Dari sana mungkin saja Koperasi Kredit bisa menemukan partner bisnis yang cocok dan menguntungkan.

11. Membantu Promosi Produk Anggota
Banyak anggota memiliki usaha yang sedang berkembang dan mempunyai konsumen potensial di luar pulau dan luar negeri. Tapi karena keterbatasan kemampuan dan wawasan mereka tidak sanggup mempromosikannya. Koperasi Kredit bisa membantu anggota-anggota tersebut dengan menampilkan profil bisnis dalam web sebagai binaan. Brand Koperasi kredit juga makin menguat karena terbukti manfaatnya juga anggota semakin terbantu dan sejahtera sesuai tujuan awal pendiriannya.

Melihat semua keuntungan yang bisa diambil dari adanya web, Bagian Diklat Puskopdit Bali Artha Guna siap membantu setiap primer yang belum memiliki web agar segera bisa membuatnya. Juga siap memberikan segala pelatihan dalam mengoperasikan dan membuat konten dalam web dan social media.

Bagaimana? Masih menunda untuk punya web?

Artikel in diadaptasi dari dari banyak sumber oleh Rio Praditia

By Rio | December 13, 2014 |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *