On Becoming WOW Sales People

SPEAK YOUR MIND

 

Puskopdit mengirim Kabid Diklat untuk mengikuti seminar “On Becoming WOW Sales People yang dibawakan oleh begawan pemasaran Hermawan Kertajaya dalam rangkaian Indonesia Marketeers Festival 2014.

DSC00257upload

 

Acara yang di jadwal mulai jam 08.00 WITA namun baru mulai pukul 09.00 WITA ini langsung dibuka oleh pembicara utama Hermawan Kertajaya, founder dan CEO Markplus, Inc. Perusahaan konsultan pemasaran yang juga penerbit dari radio dan majalah The Marketeers.

 

Hermawan Kertajaya, populer karena terobosannya dalam dunia ilmu pemasaran, yang ia sebut marketing 3.0. Ia mau mengatakan bisnis yang ingin berkelanjutan di masa mendatang harus dijalankan dengan nilai-nilai dan spirit manusia yang tak hanya memikirkan profit, tapi juga mengembangkan manusia (people) dan lingkungan (planet). Hal ini mutlak dilakukan mengingat zaman sudah berubah di mana ada tiga pergeseran global, yakni dari individual ke sosial, vertikal ke horizontal, dan eksklusif ke inklusif. Walaupun sebenarnya pengembangan manusia dan lingkungan sudah lama dijalankan oleh Koperasi Kredit, hal ini baru disadari oleh dunia bisnis lainnya.

 

Acara dilanjutkan dengan topik “Toyota Way In Practice”. Dibawakan oleh Kepala Cabang Auto2000 Bali, materi bercerita tentang bagaimana Toyota menjadi pemimpin dalam penjualan mobil di Indonesia bahkan dunia. Hal itu tidak terlepas dari semangat pendiri Toyota yang diramu dalam dua kalimat : Sustain development dan respect to others. Hal ini yang perlu dipelajari oleh Koperasi Kredit. Setiap hari kita perlu untuk mengamati apa yang kurang dari hari kemarin dan perbaikan dilakukan terus menerus. Gejala berpuas diri yang melanda gerakan bisa menjadi bencana di suatu saat nanti.

 

Rangkaian acara diteruskan dengan Talk Show Marketing 3.0 yang semula mengundang Sapta Nirwandar, Wamen Parekraf, namun karena ia berhalangan hadir maka diganti dengan rekaman wawancara sebelumnya. Di samping itu, acara dimeriahkan dengan Putra-Putri Batik Local Fashion Parade.

 

Puncak acara kembali pada Hermawan Kertajaya, di topik yang bertajuk On Becoming WOW Salespeople: The Concept, ia mengungkapkan bagaimana berhubungan dengan pelanggan bukan hanya untuk menjadikannya membeli lagi, tapi bagaimana ia menjadi advokat produk kepada semua orang. Insan Koperasi Kredit perlu untuk mengenal konsep ini, karena cara ini minim biaya dengan dampak yang besar. Bagaimana membuat setiap anggota merasa diperlakukan sebagai teman oleh Pengurus, Pengawas dan Manajemen Koperasi Kredit, sehingga siap mempromosikan dan  membela nama Koperasi Kredit di mana saja.

By Rio | June 27, 2014 |

Leave a Reply

Your email address will not be published.